Home > News > 5 Cara Agar Karyawan Mematuhi SOP

5 Cara Agar Karyawan Mematuhi SOP

Admin | 1 year ago

Standar Operasional Prosedur atau SOP adalah cara agar bisnis Sahabat Profit mempunyai standar kerja. Prosedur kerja yang tertulis di SOP akan menjelaskan apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh karyawan.

Jika karyawan mematuhi prosedur yang ditentukan SOP, tentu hasil kerja akan maskimal. Konsumen yang menerima barang akan merasa puas.

Namun, sayangnya tidak semua karyawan mematuhi SOP. Kesalahan-kesalahan akibat tidak mematuhi SOP akan dirasakan sampai ke konsumen.

Oleh karena itu, Sahabat Profit harus tahu cara agar karyawan mematuhi SOP.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Sahabat Profit tentang cara agar karyawan mematuhi SOP.

Alasan Karyawan Tidak Melaksanakan SOP

Sebelum Sahabat Profit mengetahui caranya agar karyawan mematuhi SOP, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui alasan karyawan tidak melaksanakan SOP.

Berikut adalah penjelasan karyawan tidak mematuhi SOP:

1. Prosedur dianggap terlalu rumit

SOP berisi instruksi-instruksi kerja yang harus dipatuhi karyawan. Terkadang, proses kerja yang seperti ini dianggap ribet oleh karyawan.

Bagi karyawan yang tidak sabar mengikuti prose, dia akan mencari jalan pintas tanpa harus mengikuti proses. Anggapannya, untuk apa mengikuti proses, yang penting pekerjaan selesai.

2. Tidak percaya proses

Karyawan yang tidak percaya akan proses cenderung akan melanggar SOP. Rasa tidak percaya dapat timbul karena tidak adanya hasil yang nyata dari pekerjaan yang mengikuti SOP.

3. Kurangnya pelatihan dan pemahaman SOP

Melatih karyawan agar paham proses yang ditentukan SOP merupakan hal yang penting. Karyawan tidak akan tahu caranya bekerja mengikuti standar, dan bahkan dia tidak tahu jika dirinya melanggar ketentuan SOP. Inilah pentingnya melakukan pelatihan kerja kepada karyawan secara rutin.

4. Tidak merasa pekerjaannya berpengaruh kepada perusahaan

Karyawan menginginkan jika pekerjaan yang dilakukannya berpengaruh terhadap perkembang perusahaan. Semakin karyawan menemukan manfaat dari pekerjaannya, maka dia akan melakukannya dengan lebih seungguh-sungguh.

Namun, sebaliknya, karyawan yang merasa pekerjaannya tidak berpengaruh untuk perusahaan, maka dia akan melakukannya dengan asal-asalan dan tidak mematuhi SOP.

5. SOP dirasa tidak berpengaruh kepada pelanggan

Terutama karyawan yang bekerja jauh dari konsumen akan mengira jika pekerjaan mereka tidak berpengaruh kepada konsumen. Sehingga timbulah pikiran untuk tidak mematuhi SOP yang sudah ditentukan.

Apapun alasan karyawan tidak melaksanakan SOP, Sahabat Profit bisa melakukan tindakan-tindakan preventif agar karyawan mematuhi SOP.

Cara Agar Karyawan Mematuhi SOP

Ada lima langkah yang dapat dilakukan agar karyawan menjalankan SOP. Berikut adalah penjelasannya:

1. Susun SOP dengan jelas dan mudah dipahami

SOP memang bermaterikan tata cara suatu pekerjaan. Namun demikian, SOP bukan bearti rumus-rumus kerja yang sulit dipahami.

SOP yang mudah dipahami merupakan cara yang ampuh agar karyawan mematuhi SOP. Mudah dipahami berarti karyawan akan melaksanakan apa yang diperintahkan.

Cara agar SOP mudah dipahami adalah:

  • Buat SOP sangat spesifik dan khusus untuk satu pekerjaan
  • Tulis dengan bahasa yang mudah dipahami
  • Sosialisasikan secara berkala

2. Beri pelatihan karyawan secara berkala

Membuat karyawan memahami SOP tidak cukup hanya dengan membacanya. Perlu adanya pelatihan kerja karyawan agar lebih memahai SOP. Pelatihan yang diberi bukanlah kata-kata motivasi dan semangat kerja, tapi praktik tentang langkah-langkah kerja yang tertera di SOP.

Pelatihan kerja akan membuat karyawan memahami SOP. Langkah ini efektif membuat karyawan mematuhi SOP.

3. Tinjau SOP secara berkala

Sahabat Profit harus memastikan SOP diperbarui sesuai dengan perkembangan dan peraturan pemerintah terbaru. Bisa saja, karyawan tidak memathui SOP karena ada prosedur kerja yang sudah usang dan membuat pekerjaan lebih lama.

Jika SOP harus direvisi, pastikan karyawan mengetahui proses yang berubah agar dapat dijalankan dan dipatuhi.

4. Libatkan karyawan dalam penyusunan SOP

Melibatkan karyawan berguna menumbuhkan rasa memiliki. Karyawan dimintai pendapat untuk menyusun proses kerja sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Melibatkan karyawan dalam pembuatan SOP memudahkan mereka untuk memahami dan mematuh prosedur yang ditentukan.

5. Evaluasi secara berkala

Evaluasi pelaksanaan SOP harus dilakukan secara berkala. Evaluasi dapat melihat persoalan pelaksanaan SOP di lapangan. Dengan melihat persolaan lebih awal akan mencegah permasalahan menjadi lebih rumit di kemudian hari.

Kerja Lebih Fokus dan Bisnis Jadi Autopilot Dengan SOP

Lima cara di atas adalah tindakan preventif agar karyawan memtahui SOP. Sahabat Profit harus membuka komunikasi terkait pemahaman SOP kepada karyawan. Pemahaman SOP membutuhkan waktu dan membuat patuh kepada SOP membutuhkan strategi.

Bagaimanapun, SOP membuat kerja karyawan lebih fokus dan membuat standarisasi kerja. Dua hal tersebut yang dapat mendukung bisnis Sahabat Profit jadi autopilot.

Cara lain agar bisnis Sahabat Profit jadi autopilot adalah menggunakan Profitku. Melalui Profitku, Sahabat Profit dapat memantau bisnis hanya dengan satu sentuhan.